Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ketenagalistrikan

Transformasi Digital PLN Perkuat Komunikasi Publik dan Peningkatan Pelayanan Pelanggan

Selama 3,5 tahun terakhir PLN bertransformasi dalam meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik

Press Release No. 536.PR/STH.00.01/IX/2023

Jakarta, 29 September 2023 – Tepat di puncak perayaan acara SEWINDU PR Indonesia, PT PLN (Persero) mendapatkan apresiasi sebagai perusahaan berpengaruh di bidang komunikasi. Bekerja sama dengan NoLimit, PR Indonesia melakukan media monitoring kepada lebih dari 15.000 media online dan media sosial menggunakan teknologi big data untuk memberikan penghargaan tersebut kepada PLN.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan, penghargaan ini merupakan hasil kerja keras seluruh insan PLN. Transformasi digital yang dilakukan PLN, menjadi titik perubahan besar pada proses bisnis hingga ke layanan PLN yang semakin memudahkan masyarakat.

“Selama 3,5 tahun terakhir PLN bertransformasi dalam meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik, effort ini pun kembali mendapatkan apresiasi. Penghargaan ini ditujukan untuk seluruh insan PLN yang telah bekerja keras dan memberikan dedikasi luar biasa bagi perusahaan,” tutur Darmawan.

PLN bertransformasi menjadi perusahaan yang mampu beradaptasi terhadap perubahan zaman dan disrupsi teknologi melalui digitalisasi. Apalagi, sebagai perusahaan dengan jumlah pelanggan lebih dari 85 juta tersebut, PLN dituntut dapat menjawab kebutuhan pelanggan yang serba cepat.

“Dulu, proses bisnis PLN sangat kompleks, berbelit, terfragmentasi dan semua dilakukan secara manual. Sistem lama ini membuat seluruh proses bisnis lambat, tak tercatat dengan baik dan tak terukur. Maka dari itu, kami respons dengan melakukan transformasi dengan basis digitalisasi,” ujar Darmawan.

Salah satu hasil dari transformasi ini adalah lahirnya aplikasi New PLN Mobile. Dulu, aplikasi PLN Mobile, di- install hanya oleh 500 ribu pengguna dengan ratingnya yang sangat rendah, hanya mendapatkan rating sebanyak 2,5 dari skala 5.

Kini, dengan transformasi digital yang dilakukan, hanya dalam waktu singkat PLN Mobile telah di- download oleh hampir 44 juta pengguna dan rating yang mencapai 4,8 dari skala 5. Hal ini menjadi bukti nyata transformasi yang dilakukan PLN telah menjelma menjadi salah satu perusahaan pelayanan publik terbaik di Asia, bahkan dunia.

1 Comment

1 Comment

  1. binance

    19 April 2025 at 12:23 am

    Thanks for sharing. I read many of your blog posts, cool, your blog is very good.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi Untukmu

Forum & Bisnis

Lewat adaptasi teknologi, PLN tak hanya mengoptimalkan proses bisnis tetapi juga membuat tantangan menjadi peluang

Kerjasama

Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan (YPK) PLN selaku badan pelaksana Institut Teknologi PLN mengadakan acara Forum Konsolidasi Oktober 2022 lalu bertempat di kampus IT PLN

Riset & Inovasi

Google Sycamore, Quantum computing hardware. Super Prosesor yang akan mengubah Dunia Artificial Intelligence

Energi & Teknologi

Energi Listrik Tenaga Gelombang Laut merupakan energi hijau yang tidak menghasilkan gas rumah kaca