Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Digitalisasi dan Integrasi Data Aset Kunci Sukses Manajemen Aset

Ketua Umum MKI Evy Haryadi yang memberikan opening speech mengatakan bahwa seminar dalam rangka menyambut Hari Listrik Nasional ke 78 ini sangat penting mengingat menajemen aset merupakan isu aktual di dunia kelistrikan pada era transisi energi

E-Techno, 28 September 2023

Digitalisasi dan integrasi data aset baik data operasional maupun finansial akan meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dalam manajemen aset. Apalagi bagi perusahaan besar seperti PLN yang memiliki aset sebesar Rp 1.646 triliun maka manajemen aset menjadi kunci keberlanfsungan perusahaan. Demikian dikatakan oleh Direktur Keuangan PLN Shintya Roesly ketika memberikan keynote speech pada seminar nasional Integrateg Strategic Asset Management di Jakarta Rabu 27 September 2023.
Seminar digagas oleh Institut Teknologi PLN (ITPLN), Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) dan Himpunan Ahli Pembangkitan Tenaga Listrik Indonesia (Hakit) dan mengangkat tema “Tantangan dan Peluang Digitalisasi Asset Management Kelistrikan Pada Era Transisi Menuju Net Zero Emission (NZE) 2060”.

Ketua Umum MKI Evy Haryadi yang memberikan opening speech mengatakan bahwa seminar dalam rangka menyambut Hari Listrik Nasional ke 78 ini sangat penting mengingat menajemen aset merupakan isu aktual di dunia kelistrikan pada era transisi energi.

Sementara Rektor ITPLN Prof. Dr. Ir. Iwa Karniwa M.K M.T. mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari tri darma perguruan tinggi.

Seminar menampilkan para ahli dan praktisi dalam dan luar negeri yang berdiskusi mengenai aset manajemen sektor energi di Indonesia.

Dalam mengimplementasikan digitalisasi asset management, kata Prof. Iwa, teknologi inovasi berperan sangat penting untuk menunjang semua itu. Maka dari itu, ITPLN sangat concern dalam menghadapi era digitalisasi dengan menyiapkan lulusan yang mandiri, dan unggul di bidang energi dan penerapan teknologi berwawasan lingkungan, seperti visinya. “Bila perlu kami siap membuka program studi Magister Manajen Aset” katanya.

“Karena dunia saat ini dituntut untuk menuju Net Zero Emission, utuk itu, kami juga menyiapkan lulusan yang siap dalam dunia kerja dan berwawasan lingkungan,” imbuhnya.

Strategi Pembelajaran 4-4-2

Sejalan dengan visinya untuk menghasilkan lulusan yang siap kerja, ITPLN melaksanakan strategi pembelajaran dengan metode “formasi” 4-4-2.
“Dimana kami menggagas 40% memberikan teori-teori dasar.. Lalu 40%-nya lagi mahasiswa diajarkan studi kasus dan project base. Sedangkan 20% kita sebut guest lecture, kami mengundang seluruh industri untuk menjadi dosen tamu di ITPLN,” kata Prof. Iwa yang menyampaikan bahwa konsep ini diterapkan di hampir semua mata kuliah.

“Kami yakin ketika program ini berjalan, guest lecture bukan hanya industri, namun mendatang dosen dari perguruan tinggi lain baik nasional maupun internasional untuk memberikan knowledge kepada mahasiswa,” sambungnya.

Prof. Iwa merasa yakin ketika program ini berjalan dapat menghasilkan lulusan yang unggul dan dapat langsung diserap di industri. Terlebih lagi ITPLN mendapatkan dukungan yang sangat besar dari PT PLN, dengan diposisikannya ITPLN sebagai anak kandung PLN.

“Itu kami tangkap sebagai satu komitmen untuk dapat melangkah lebih baik. PT PLN merasa yakin untuk menyekolahkan para pegawai upskilling jenjang D3, S1 hingga S2. Untuk menunjang hal itu, kami juga menyekolahkan lebih dari 42 dosen ke jenjang S3 baik di dalam dan luar negeri,” paparnya.

Tak sampai disitu, dalam implementasi strategi pembelajaran 4-4-2 ini, ITPLN juga menggandeng para doktor-doktor di PLN untuk menjadi dosen tamu (guest lecture).

AEU-NET
Sejalan dengan transformasi yang dilakukan oleh PLN yang akan menjadi Perusahaan Listrik Terkemuka se-Asia Tenggara, ITPLN pun demikian melakukan transformasi untuk menjadi perguruan tinggi terbaik se-ASEAN dan menjadi World Class University.

“Dalam bertransformasi kami bekerja sama dengan perguruan tinggi internasional seperti University Tenaga Nasional (UNITEN) Malaysia. Di mana mereka menjadi sister university dan bersepakat untuk membangun ASEAN Energy University Network (AEU-Net),” urainya.***)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi Untukmu

Kerjasama

Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan (YPK) PLN selaku badan pelaksana Institut Teknologi PLN mengadakan acara Forum Konsolidasi Oktober 2022 lalu bertempat di kampus IT PLN

Energi & Teknologi

Energi Listrik Tenaga Gelombang Laut merupakan energi hijau yang tidak menghasilkan gas rumah kaca

Riset & Inovasi

Google Sycamore, Quantum computing hardware. Super Prosesor yang akan mengubah Dunia Artificial Intelligence

Forum & Bisnis

Lewat adaptasi teknologi, PLN tak hanya mengoptimalkan proses bisnis tetapi juga membuat tantangan menjadi peluang