Connect with us

Hi, what are you looking for?

Abdimas

TIM PKM Institut Teknologi PLN Melakukan Kegiatan Edukasi untuk Pengembangan Desa Mandiri Energi

TIM PKM Dosen Institut Teknologi PLN (ITPLN )melakukan Edukasi untuk Pengembangan Desa Mandiri Energi dengan pemanfaatan energi baru terbarukan portable

Etechno, 18 September 2023

TIM PKM Dosen Institut Teknologi PLN (ITPLN) yang diketuai oleh Samsurizal, ST., MT., IPM dan beranggotakan Andi Makkulau, ST., M. Ikom., MT., dosen Teknik Elektro serta M. Sofyan, ST., MT., dosen Teknik Sipil, melakukan Edukasi untuk Pengembangan Desa Mandiri Energi dengan pemanfaatan energi baru terbarukan portable. Kegiatan dilakukan Pada Sabtu 16 September 2023 dibuka pada pukul 08.00 wib dengan sambutan oleh Ibu Lismawati, S.Pd.I selaku kepala MA Al-Khairiyah yang bertempat di Desa Kramatlaban. Dengan pendanaan Hibah KemdikbudRistek Tahun 2023 pada Program Pengabdian kepada Masyarakat, Skema Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) mengusung tema Edukasi untuk Pengembangan Desa Mandiri Energi dengan pemanfaatan energi baru terbarukan portable di Madrasah Aliyah Al Khairiyah Rancaranji (MA Al-Khairiyah) Serang-Banten.

Jarak mitra ±105 km dari ITPLN serta belum tersedianya bahan pengayaan dan pembelajaran di MA Al-Khairiyah menjadi kendala yang dihadapi, selain letak/lokasi sekolah yang jauh dari pusat kota serang, menambah sulitnya informasi dan edukasi terkait pemanfaatan teknologi menjadi permasalah yang dihadapai mitra. Tujuan lain dari kegiatan ini membentuk sekelompok masyarakat dalam hal peningkatan soft skill serta peningkatan keterampilan berfikir yang dimulai dari sekolah.

Sebelum melakukan edukasi peserta kegiatan yang berjumlah 40 siswa melaksanakan pretest untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap pemanfaatan energi baru terbarukan. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi, disini peserta kegiatan di berikan edukasi tentang pemanfaatan energi baru terbarukan, khususnya pemanfaatan energi baru terbarukan portable dalam upaya Pengembangan Desa Mandiri Energi. Para peserta kegiatan sangat antusias dalam menyimak materi yang disampaikan oleh tim PKM.

Pada kegiatan edukasi yang dilakukan, selain dalam bentuk pemberian materi para peserta melakukan pengujian dan simulasi dengan alat prototype portable dari pembangkit listrik tenaga mikrohidro dilokasi yang memiliki sumber air yang ada di Desa Kramatlaban. Peserta kegiatan PKM dijelaskan bagaimana alat tersebut bekerja dan menghasilkan energi listrik yang bersumber dari air. Dengan adanya kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, Skema Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) berbasis kewilayahan ini diharapkan terjadinya sharing knowledge, yang tentu akan berdampak tersedianya sumber daya manusia yang handal khususnya terkait pemanfaatan energi baru terbarukan, pada akhirnya apa yang dicita-citakan pemerintah untuk mempercepat pemanfaatan EBT dapat terealisasi.

1 Comment

1 Comment

  1. zoritoler imol

    18 Mei 2024 at 9:02 pm

    This is really interesting, You’re a very skilled blogger. I’ve joined your rss feed and look forward to seeking more of your wonderful post. Also, I have shared your website in my social networks!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi Untukmu

Energi & Teknologi

Energi Listrik Tenaga Gelombang Laut merupakan energi hijau yang tidak menghasilkan gas rumah kaca

Riset & Inovasi

Google Sycamore, Quantum computing hardware. Super Prosesor yang akan mengubah Dunia Artificial Intelligence

Kerjasama

Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan (YPK) PLN selaku badan pelaksana Institut Teknologi PLN mengadakan acara Forum Konsolidasi Oktober 2022 lalu bertempat di kampus IT PLN

Forum & Bisnis

Lewat adaptasi teknologi, PLN tak hanya mengoptimalkan proses bisnis tetapi juga membuat tantangan menjadi peluang