Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kerjasama

Perusahaan Besar Otomotif Kembangkan Baterai Lithium untuk Mobil Listrik

“Dengan kolaborasi ini
diharapkan dapat mempercepat tujuan Honda dalam mewujudkan netralitas karbon untuk semua
produk dan aktivitas perusahaan pada Tahun 2050”

E-Techno. Mobil listrik yang merupakan kendaraan dengan penggerak dari energi listrik yang tersimpan dalam baterai, semakin popular penggunaannya dari tahun ke tahun. Baterai sebagai sebagai komponen terpenting dalam mobil listrik pastinya akan terus mengalami perkembangan.
Sebagai salah satu produsen kendaraan dan peralatan daya asal Jepang, Honda mengikuti langkah pesaing-pesaingnya seperti Toyota dan Suzuki dalam memproduksi mobil hybrid di tahun 2023. Selanjutnya akan disusul dengan memproduksi mobil yang100% listrik di tahun 2040.

Untuk mendukung visinya, Honda Motor Co., Ltd (Honda) mengumumkan kerjasama dengan GS Yuasa International Ltd (GS Yuasa) di Tokyo pada 25 Januari 2023. Kerjasama dilakukan untuk mengembangkan baterai lithium-ion yang akan digunakan pada mobil listrik buatan Honda. Baterai tersebut juga digadang-gadang akan memiliki daya dan kapasitas besar. Pabrik baterai hasil kerjasama kedua perusahaan besar tersebut akan mulai dibangun pada akhir tahun 2023.

Selain memproduksi baterai, perusahaan hasil kerjasama tersebut akan
digunakan sebagai tempat penelitian dan pengembangan agar dapat menghasilkan baterai yang lebih efisien dengan kapasitas dan daya yang besar.
Director, President and Representative Executive Officer of Honda Motor Co.,
Ltd., Toshihiro Mibe mengatakan bahwa Honda dan GS Yuasa sebelumnya telah melakukan kerjasama dalam baterai lithium-ion untuk kendaraan listrik hibrida (HEV). “Dengan kolaborasi baru ini diharapkan dapat mempercepat tujuan Honda dalam mewujudkan netralitas karbon untuk semua produk dan aktivitas perusahaan pada tahun 2050”, ungkapnya.

President and Representative Director of GS Yuasa International Ltd., Osamu Murao mengatakan bahwa sesuai dengan filosofi perusahaan GS Yuasa mengenai Inovasi dan Pertumbuhan, GS Yuasa akan menghadapi tantangan untuk mempelajari berbagai pengetahuan untuk menghasilkan teknologi baterai terbarukan.

“Melalui kolaborasi baru, GS Yuasa dan Honda akan terus berkontribusi
untuk memberikan kenyamanan dan keamanan kepada seluruh pelanggan
di seluruh dunia, serta GS Yuasa juga berusaha menghasilkan nilai baru dalam mewujudkan netralitas karbon”, imbuh Murao

Pada tahun 2040, Honda memiliki target elektifikasi 100% pada seluruh produk yang dihasilkannya secara global sehingga Honda telah mengumumkan akan memperkenalkan kurang lebih 30 model berbasis elektrik sampai tahun 2030. (red/dari berbagai sumber/ed.Diah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi Untukmu

Kerjasama

Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan (YPK) PLN selaku badan pelaksana Institut Teknologi PLN mengadakan acara Forum Konsolidasi Oktober 2022 lalu bertempat di kampus IT PLN

Energi & Teknologi

Energi Listrik Tenaga Gelombang Laut merupakan energi hijau yang tidak menghasilkan gas rumah kaca

Riset & Inovasi

Google Sycamore, Quantum computing hardware. Super Prosesor yang akan mengubah Dunia Artificial Intelligence

Forum & Bisnis

Lewat adaptasi teknologi, PLN tak hanya mengoptimalkan proses bisnis tetapi juga membuat tantangan menjadi peluang