Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kerjasama

IT PLN Dan VESC Jerman Jalin Kerjasama Kembangkan Teknologi Superkonduktor

IT PLN menjalin kerjasama dengan Vision Electric Super Conductor (VEST GmbH)

E-Techno. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi IT PLN menjadi perguruan tinggi yang modern, mandiri dan unggul di bidang energi dan kelistrikan menuju ‘world
class university’, IT PLN menjalin kerjasama dengan Vision Electric Super Conductor (VEST GmbH), suatu perusahaan superkonduktor yang berbasis di Jerman. Kerjasama tersebut meliputi pelaksanaan Research, Implementation and Capacity Building of Superconductor Technology”. Penandatanganan Memorandum of understanding (MoU) kerjasama tersebut telah dilakukan pada awal Oktober 2022 lalu secara hybrid.

Rektor IT PLN, Prof. Dr. Iwa Garni wa menyampaikan terima kasih kepada VESC yang telah bersediamenjalin kerjasama dengan IT PLN meskipun dengan jarak yang jauh dan dilaksanakan secara hybrid. “IT PLN dengan sangat terbuka melaksanakan kerja sama internasional yang dalam hal ini merupakan diskusi mengenai potensi untuk kelistrikan masa depan di Indonesia.” Ucap Prof. Iwa.
Sementara itu, CEO VESC, Dr. Wolfgang menyampaikan apresiasiasinya atas kerjasama ini. Dirinya mengungkapkan kerjasama ini sebagai langkah besar dalam energi masa depan yang ramah lingkungan. Wolfgong menyambut baik kerjasama ini dan mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang sudah terjalin tersebut.
Penandantanganan MoU yang dilakukan langsung oleh Rektor IT PLN dan CEO VESC tersebut disaksikan oleh para pejabat teras di lingkungan IT PLN, Direktur VESC Indonesia Freddy Siahaan, Executive Vice President, Engineering and Technology PT. PLN (Persero) dan Senior Advisor to Indonesia Electricity Society, Dr. Ali Herman Ibrahim.
Peresmian G-TechS
Bersamaan dengan kegiatan penandatanganan tersebut, IT PLN meresmikan Pusat Studi Teknologi Energi Hijau atau Green Energy Technology Study Center (G-TechSC) yang berada di bawah Program Studi Magister Teknik Elektro. G-TechSC bertujuan
mengkaji berbagai aspek keilmuan dan penerapan teknologi hijau di Indonesia. G-TechSC diresmikan langsung Rektor IT PLN. Jabatan ketua G-TechSC diamanahkan kepada Dr. Ali Herman Ibrahim yang juga dosen IT PLN.

Webinar Internasional
Sebagai langkah awal dan tindak lanjut dari kerjasama tersebut, IT PLN dan VESC langsung mengadakan Webinar International Series yang membahas tentang Teknologi Superkonduktor dan implementasinya dalam dunia industri, khususnya dalam bidang ketenagalistrikan. Selain itu, dijelaskan juga bagaimana langkah-langkah suatu teknologidapat digunakan oleh suatu industri. Pemateri dalam acara webinar tersebut adalah Mr. Wolfgang Reiser dan Dr. Zainal Arifin.
Kerjasama ini diharapkan dapat berjalan dengan baik dan semoga menjadi kerja sama yang aktif dalam bidang energi dan ketenagalistrikan ini serta dapat membawa perubahan dalam bidang energi yang ramah lingkungan. (red/mje)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi Untukmu

Energi & Teknologi

Energi Listrik Tenaga Gelombang Laut merupakan energi hijau yang tidak menghasilkan gas rumah kaca

Riset & Inovasi

Google Sycamore, Quantum computing hardware. Super Prosesor yang akan mengubah Dunia Artificial Intelligence

Kerjasama

Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan (YPK) PLN selaku badan pelaksana Institut Teknologi PLN mengadakan acara Forum Konsolidasi Oktober 2022 lalu bertempat di kampus IT PLN

Forum & Bisnis

Lewat adaptasi teknologi, PLN tak hanya mengoptimalkan proses bisnis tetapi juga membuat tantangan menjadi peluang