Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

ITPLN Siap Menjadi Perguruan Tinggi Berkelas Dunia Dalam Sektor Energi Terbarukan

E-Techno. Perguruan Tinggi Institut Teknologi PLN (ITPLN) akhir mei lalu melaksanakan wisuda sarjana ke-44 di Jakarta. Rektor ITPLN Prof. Iwa Garniwa mengatakan bahwa ITPLN bertransformasi dengan memiliki visi yang jelas dan kuat dengan menjadi perguruan tinggi yang unggul dan penerapan teknologi berwawasan lingkungan untuk menyongsong masa depan. “Wisuda kali ini mengambil tema Accelerating Becoming Word Class University : Creating Expert Leaders For Future Energy. Tema ini menegaskan posisi ITPLN sebagai kampus yang mencetak lulusan yang siap kerja,” ucap Iwa melalui keterangannya di Jakarta, Sabtu (25/05/2024).

Iwa selanjutnya mengatakan bahwa ITPLN bukan hanya mencetak sarjana, namun mencetak SDM yang kompeten dan mumpuni agar siap menjadi expert leader di industri global. “Ini bukan sekedar slogan yang berhenti di tataran wacana, namun kita sungguh-sungguh dalam mewujudkannya.” ujar Iwa.  Para lulusan ITPLN sam-bungnya, siap berkontribusi dan memajukan sektor energi baru terbarukan (EBT) dan kelistrikan.

Dalam bertransformasi menuju perguruan tinggi berkelas dunia, ITPLN mendapat dukungan penuh dari PT. PLN (Persero). Bahkan tahun depan, papar Iwa, akan dibangun dua kampus baru berlantai 21, laboratoirum terpadu, ITPLN Convention Center dan asrama mahasiswa berkapasitas 1200 mahasiswa.

Terima kasih

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PLN (YPK PLN) Supriyadi berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh PLN dan semua langkah nyata demi kemajuan ITPLN.  “Selamat atas kelulusannya dan ini bukan lah akhir dari cita-cita, ini menjadi momen untuk memulai perjuangan berikutnya dan semoga wisuda ini menjadi bekal untuk mengarungi perjuangan ke depan,” kata Supriyadi.

Sedangkan, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (2016-2019) Arcandra Tahar juga mengucapkan selamat untuk para wisudawan dan wisudawati telah menamatkan pendidikan di ITPLN.  “Adik-adik setelah tamat jangan takut gagal, yang mengubah peradaban kita adalah para (mahasiswa) drop out yang bisa mengubah peradaban kita (Elon Musk, Steve Jobs, dan lain-lain). Oleh sebab itu, kita boleh gagal sebanyak apapun tetapi kita harus mencari solusinya,” ucapnya seperti dilansir dari antaranews.com, Sabtu (25/05.2024).

Jumlah Lulusan

Wisuda kali ini meluluskan 170 mahasiswa dari berbagai jurusan dan jenjang pendidikan D3, S1 dan S2. Acara yang dilaksanakan di Auditorium PLN Pusat, Jakarta itu dihadiri oleh para wisudawan, keluarga, dosen serta tamu undangan. Dengan bertambahnya 170 lulusan baru, ITPLN berharap dapat terus berkontribusi dalam mencetak tenaga ahli yang siap bersaing di dunia kerja dan berperan aktif dalam pembangunan nasional. Selain itu, wisuda kali ini juga menjadi momentum penting dalam perjalanan ITPLN untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan memperluas dampak positif bagi masyarakat luas.

Program Baru

Dalam tahun akademik 2024/2025 ini, ITPLN akan menghadirkan program baru untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul di bidang energi. Untuk itu, ITPLN telah bekerja sama dengan beberapa universitas unggul di luar negeri. Program baru itu, yakni sandwich program, di mana mahasiswa akan kuliah selama tiga tahun di ITPLN dan satu tahun di universitas luar negeri. Kemudian, saat lulus nanti akan diangkat menjadi pegawai PT PLN (Persero).


“Kami ingin memberikan kesempatan kepada lebih banyak calon mahasiswa berkualitas untuk bergabung dengan kami dan mengembangkan potensi mereka di lingkungan pendidikan yang berkualitas,” kata Rektor ITPLN Prof Dr Ir Iwa Garniwa MK MT dalam keterangan resminya, di Jakarta, Kamis.

Iwa juga menyebutkan beberapa fasilitas unggulan yang diberikan kampus selain kesempatan bergabung dengan PLN Group, di antaranya jaminan magang di PLN Group, sertifikat kompetensi keahlian, pembelajaran tanpa batas melalui smart class, kuliah oleh praktisi dan ahli korporasi, e-Mobility ke perguruan tinggi internasional, laboratorium transisi energi, dan berbagai beasiswa pendidikan.

ITPLN sendiri menerapkan pembelajaran modern dengan sistem 4-4-2 atau 40 persen teori, 40 persen problem solving, dan 20 persen kuliah industri untuk menghasilkan SDM kompeten dan siap kerja. Oleh karena itu, tenaga pendidik yang ada di ITPLN juga berpengalaman. Para pemimpin perusahaan dan ahli yang akan menjadi mentor dan dosen tamu, di antaranya Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dengan para Direksi PLN lainnya, Dahlan Iskan, Ignasius Jonan, Arcandra Tahar, para profesor dan pakar dari International Sister University atau partner ITPLN dan lain-lain.


Perguruan tinggi yang berlokasi di Duri Kosambi ini telah menerapkan pembelajaran yang inovatif dan modern, yaitu dengan memberikan gawai customize tablet yang terintegrasi dengan full digital smart class ITPLN bagi seluruh mahasiswa reguler program D3 dan S1 angkatan 2024. ITPLN memastikan tidak ada biaya tambahan untuk mendapatkan fasilitas customize tablet tersebut, karena sudah termasuk dengan uang kuliah. (Red/mje)

6 Comments

6 Comments

  1. Irvinjeash

    9 Juli 2024 at 1:16 pm

    mexico pharmacies prescription drugs: cmq pharma – mexican rx online

  2. Rodolfokit

    9 Juli 2024 at 1:22 pm

    п»їbest mexican online pharmacies
    https://cmqpharma.com/# buying prescription drugs in mexico online
    mexico drug stores pharmacies

  3. Henryrot

    11 Juli 2024 at 10:12 am

    mexico pharmacy: mexican online pharmacy – mexican online pharmacies prescription drugs

  4. MichaelMoini

    11 Juli 2024 at 1:13 pm

    mexico drug stores pharmacies
    https://cmqpharma.com/# mexican pharmaceuticals online
    reputable mexican pharmacies online

  5. Davidjaige

    20 Juli 2024 at 9:56 am

    pharmacy website india: reputable indian pharmacies – top 10 online pharmacy in india

  6. MichaelInele

    20 Juli 2024 at 12:47 pm

    п»їbest mexican online pharmacies: mexico pharmacy – mexico drug stores pharmacies

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi Untukmu

Riset & Inovasi

Google Sycamore, Quantum computing hardware. Super Prosesor yang akan mengubah Dunia Artificial Intelligence

Energi & Teknologi

Energi Listrik Tenaga Gelombang Laut merupakan energi hijau yang tidak menghasilkan gas rumah kaca

Kerjasama

Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan (YPK) PLN selaku badan pelaksana Institut Teknologi PLN mengadakan acara Forum Konsolidasi Oktober 2022 lalu bertempat di kampus IT PLN

Forum & Bisnis

Lewat adaptasi teknologi, PLN tak hanya mengoptimalkan proses bisnis tetapi juga membuat tantangan menjadi peluang