Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tokoh & Prestasi

Nicola Tesla, Siapakah dia ?

Tesla berasal dari keluarga asal Serbia. Ayahnya adalah seorang pendeta Ortodoks dan ibunya tidak bersekolah tetapi sangat cerdas

Nikola Tesla (lahir 9/10 Juli 1856, Smiljan, Kekaisaran Austria [sekarang di Kroasia]—meninggal 7 Januari 1943, New York, New York, AS) Penemu dan insinyur Amerika keturunan Serbia yang menemukan dan mematenkan medan magnet berputar, dasar dari sebagian besar mesin arus bolak-balik. Ia juga mengembangkan sistem transmisi tenaga listrik tiga fasa. Dia berimigrasi ke Amerika Serikat pada tahun 1884 dan menjual hak paten atas sistem dinamo arus bolak-balik, transformator, dan motornya kepada George Westinghouse. Pada tahun 1891 ia menemukan kumparan Tesla, kumparan induksi yang banyak digunakan dalam teknologi radio.

Tesla berasal dari keluarga asal Serbia. Ayahnya adalah seorang pendeta Ortodoks, ibunya tidak bersekolah tetapi sangat cerdas. Seiring bertambahnya usia, ia menunjukkan imajinasi dan kreativitas yang luar biasa serta sentuhan puitis.

demi melatih untuk karir teknik, ia kuliah di Universitas Teknik di Graz, Austria, dan Universitas Praha. Di Graz dia pertama kali melihat dinamo Gramme, yang beroperasi sebagai generator dan, jika dibalik, menjadi motor listrik, dan dia menemukan cara untuk menggunakan arus bolak-balik untuk mendapatkan keuntungan. Kemudian, di Budapest, ia memvisualisasikan prinsip medan magnet berputar dan mengembangkan rencana untuk motor induksi yang akan menjadi langkah pertamanya menuju keberhasilan pemanfaatan arus bolak-balik. Pada tahun 1882 Tesla mulai bekerja di Paris untuk Continental Edison Company, dan, ketika bertugas di Strassburg pada tahun 1883, ia membangun, setelah jam kerja, motor induksi pertamanya. Tesla berlayar ke Amerika pada tahun 1884, tiba di New York dengan empat sen di sakunya, beberapa puisinya sendiri, dan perhitungan untuk sebuah mesin terbang. Dia pertama kali mendapatkan pekerjaan dengan Thomas Edison, tetapi kedua penemu tersebut memiliki latar belakang dan metode yang berbeda, dan perpisahan mereka tidak dapat dihindari.

1 Comment

1 Comment

  1. zoritoler imol

    16 Mei 2024 at 12:42 pm

    Hello.This article was extremely fascinating, especially since I was searching for thoughts on this issue last Friday.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi Untukmu

Energi & Teknologi

Energi Listrik Tenaga Gelombang Laut merupakan energi hijau yang tidak menghasilkan gas rumah kaca

Riset & Inovasi

Google Sycamore, Quantum computing hardware. Super Prosesor yang akan mengubah Dunia Artificial Intelligence

Kerjasama

Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan (YPK) PLN selaku badan pelaksana Institut Teknologi PLN mengadakan acara Forum Konsolidasi Oktober 2022 lalu bertempat di kampus IT PLN

Forum & Bisnis

Lewat adaptasi teknologi, PLN tak hanya mengoptimalkan proses bisnis tetapi juga membuat tantangan menjadi peluang