Connect with us

Hi, what are you looking for?

Abdimas

Tim PKM FKET ITPLN Tingkatkan Kapasitas PLTPH di Kampung Gadog:Solusi Pintar untuk Pasokan Listrik Desa

Tim PKM FKET ITPLN memilih Pembangkit Listrik Tenaga Piko Hidro (PLTPH) sebagai solusi yang cerdas

Tanggal 11 Oktober 2023
Jawa Barat – Tim Dosen Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan (FKET) Institut Teknologi PLN, telah sukses melaksanakan pengabdian masyarakat dengan tema “Meningkatkan Kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Piko Hidro (PLTPH) di Kampung Gadog:Solusi Pintar untuk Pasokan Listrik Desa”. Proyek ini dilaksanakan di Kampung Gadog, Desa Sukamahi, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat.

Tim PKM yang beranggotakan Sofitri Rahayu (ketua), Sugeng Purwanto, Andi Junaidi, Hasna Satya Dini, Rudina Okvasari, Pawenary, dan Meyhart T Bangkit S, telah
berhasil mengimplementasikan upaya meningkatkan kapasitas PLTPH sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan pasokan listrik yang kurang memadai di masyarakat desa.

Kondisi Desa dan Tantangan Energi Kampung Gadog, dengan luas 975.250 hektar, merupakan daerah pedesaan di Kabupaten Bogor dengan mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani.Akses jalan yang terbatas dan keterbatasan pasokan listrik menjadi kendala utama yang dihadapi oleh masyarakat setempat.

Solusi dengan PLTPH Dalam upaya meningkatkan pasokan listrik di Kampung Gadog, tim PKM FKET ITPLN memilih Pembangkit Listrik Tenaga Piko Hidro (PLTPH) sebagai solusi yang cerdas. PLTPH memanfaatkan sumber daya air lokal untuk menghasilkan listrik, memberikan solusi terhadap pemerataan listrik.

Peningkatan Kapasitas PLTPH Tim PKM fokus pada peningkatan kapasitas PLTPH dengan menggunakan turbin Kaplan. Dengan menambah debit air pada PLTPH yang sudah di bangun sebelumnya yang diharapkan dapat menghasilkan daya maksimal. Hal ini menjadi solusi mandiri dan berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat.

Hasil dan Dampak Melalui kegiatan ini, Kampung Gadog diharapkan dapat menjadi model untuk penerapan energi terbarukan yang berkelanjutan di daerah pedesaan. Peningkatan kapasitas PLTPH tidak hanya bertujuan untuk mengatasi pemerataan listrik, tetapi juga membuka jalan bagi solusi energi yang berfokus pada masyarakat dan keberlanjutan.

Apresiasi dan Harapan Ketua Tim PKM, menyampaikan apresiasi kepada seluruh anggota tim dan pihak terkait yang telah mendukung kelancaran proyek ini.
“Kami berharap upaya ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat
Kampung Gadog dan menjadi contoh nyata bahwa solusi energi terbarukan dapat
diterapkan di tingkat desa dengan hasil yang optimal,”

Dengan keberhasilan proyek ini, Dosen FKET ITPLN terus berkomitmen untuk berkontribusi dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui
penerapan teknologi kelistrikan dan energi terbarukan.

1 Comment

1 Comment

  1. zoritoler imol

    17 Mei 2024 at 9:37 am

    Thanks for another informative website. Where else could I get that kind of information written in such an ideal way? I have a project that I am just now working on, and I’ve been on the look out for such info.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi Untukmu

Energi & Teknologi

Energi Listrik Tenaga Gelombang Laut merupakan energi hijau yang tidak menghasilkan gas rumah kaca

Riset & Inovasi

Google Sycamore, Quantum computing hardware. Super Prosesor yang akan mengubah Dunia Artificial Intelligence

Kerjasama

Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan (YPK) PLN selaku badan pelaksana Institut Teknologi PLN mengadakan acara Forum Konsolidasi Oktober 2022 lalu bertempat di kampus IT PLN

Forum & Bisnis

Lewat adaptasi teknologi, PLN tak hanya mengoptimalkan proses bisnis tetapi juga membuat tantangan menjadi peluang