Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ketenagalistrikan

Transisi Energi Dari Perspektif Penyediaan dan Pemanfaatan Energi Listrik

Masyarakat ketenagalistrikan Indonesia (MKI) dan Institut Teknologi PLN (ITPLN) melalui Training Center (TC)nya mengadakan seminar transisi energi bagi para engineer muda yang terdiri dari dosen dan mahasiswa ITPLN.

(Jakarta, 24 Desember 2023) Masyarakat ketenagalistrikan Indonesia (MKI) dan Institut Teknologi PLN (ITPLN) melalui Training Center (TC)nya mengadakan seminar transisi energi bagi para engineer muda yang terdiri dari dosen dan mahasiswa ITPLN. Seminar yang diadakan pada Kamis 21 Desember 2023 di kampus ITPLN Duri Kosambi Jakarta ini menghadirkan pembicara yang sangat kompeten dari PLN yaitu Executive Vice President (EVP) Perencanaan Strategis Pembangkitan Purnomo, Vice President Pengendalian RUPTL PLN Ricky Faizal, dan pembicara lainnya.

Direktur ITPLN TC, Ir. Suharto Wiranu, M.T. IPU mengatakan bahwa seminar ini dimaksudkan untuk memberikan update informasi tentang transisi energi, isu yang sangat penting saat ini, apalagi bagi ITPLN sebagai kampus yang mendeklarasikan diri concern terhadap wawasan lingkungan. Dengan seminar ini diharapkan muncul inovasi dan kreatifitas generasi muda ITPLN untuk mensukseskan program transisi energi.

Berikut resume materi dari para pembicara.
Transisi energi adalah proses transformasi penyediaan dan pemanfaatan Energi Tak Terbarukan menjadi Energi Baru dan Energi Terbarukan (EBT), penggunaan teknologi energi rendah karbon dan/atau efisiensi energi secara bertahap, terukur, rasional dan berkelanjutan untuk menurunkan emisi Gas Rumah Kaca.

Transisi energi merupakan agenda dan kepentingan bersama di tingkat internasional Dimana Indonesia turut terlibat di dalamnya.

Dari sisi hulu, jumlah pembangkit listrik kita ada 7044 Unit dengan total kapasitas terpasang sebesar 71,9 Giga Watt (GW).

Sejak 2021 PLN berkomitmen untuk mencapai net zero emission di tahun 2021. Dalam hal ini pengembangan EBT merupakan pilar penting dalam merealisasikan roadmap tersebut sebagaimana dituangkan di Rencana usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) Hijau PLN. Terdapat rencana tambahan pembangkit EBT sebesar 20.923 MW dari tahun 2021 – 2030 yang didominasi oleh pembangkit hidro sebesar 10.391 MW (50%)

“PLN akan memastikan perjalanan transisi energi ini akan berdampak positif bagi masyarakat. Selain itu GCG berkelanjutan akan dijalankan secara ketat dalam eksekusi transisi energi” kata Purnomo.
Sementara Vice President Pengendalian RUPTL PLN Ricky Faizal mengatakan untuk memperbaiki perencanaan operasi transmisi dalm rangka mengakomodasi peningkatan integrasi energi baru dan terbarukan (EBT) perlu beberapa beberapa strategi utama diantaranya :

  • Penilaian sumber daya energi komprehensif
  • Integrasi dan inovasi teknologi
  • Perencanaan jangka panjang
  • Perencanaan kolaboratif dan keterlibatan pemangku kepentingan
  • Infrastruktur yang fleksibel dan adaptif
  • Analisa dampak lingkungan dan sosial
    Dengan penerapan strategi tersebut maka perencanaan transmisi dapat dioptimalkan untuk secara efektif mengakomodasi peningkatan penetrasi sumber energi baru dan terbarukan, sehingga menjamin masa depan energi yang lebih berkelanjutan dan andal.

Sementara itu inisiatif program transisi energi pada fungsi distribusi diantaranya adalah dedieselisasi, smart grid distribusi, smart distribution control center (DCC), smart microgrid, advanced metering infrastructure (AMI) dan PLTS lisdes

Dari sisi pemanfaat listrik PLN juga gencar mengkampanyekan program electrifying lifestyle atau gaya hidup serba listrik. Program ini digaungkan PLN untuk mendorong pemanfaatan energi bersih dalam aktivitas sehari – hari. Melalui peluncuran New PLN Mobile, pembangunan ecosystem electric vehicle (EV) dan mengampanyekan penggunaan kendaraan berbasis listrik dalam mendukung program penurunan emisi karbon.**)

1 Comment

1 Comment

  1. zoritoler imol

    16 Mei 2024 at 4:50 pm

    Hello.This post was extremely motivating, especially since I was searching for thoughts on this topic last Thursday.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi Untukmu

Energi & Teknologi

Energi Listrik Tenaga Gelombang Laut merupakan energi hijau yang tidak menghasilkan gas rumah kaca

Riset & Inovasi

Google Sycamore, Quantum computing hardware. Super Prosesor yang akan mengubah Dunia Artificial Intelligence

Kerjasama

Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan (YPK) PLN selaku badan pelaksana Institut Teknologi PLN mengadakan acara Forum Konsolidasi Oktober 2022 lalu bertempat di kampus IT PLN

Forum & Bisnis

Lewat adaptasi teknologi, PLN tak hanya mengoptimalkan proses bisnis tetapi juga membuat tantangan menjadi peluang