Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Institut Teknologi PLN (ITPLN) membuka program studi baru jenjang Magister Teknik Sipil Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan (FTIK)

Institut Teknologi PLN (ITPLN) membuka program studi baru jenjang Magister Teknik Sipil Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan (FTIK). Pembukaan Prodi baru jenjang magister ini sejalan upaya institusi menjadi perguruan tinggi berskala internasional dan menuju World Class University (WCU)

Jakarta, (15/12/2023) – Institut Teknologi PLN (ITPLN) membuka program studi baru jenjang Magister Teknik Sipil Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan (FTIK). Pembukaan Prodi baru jenjang magister ini sejalan upaya institusi menjadi perguruan tinggi berskala internasional dan menuju World Class University (WCU).

Surat Keputusan pembukaan prodi baru Magister Teknik Sipil ini diserahkan langsung oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc kepada Wakil Rektor I Bidang Akademik ITPLN Prof. Ir. Syamsir Abduh M.M., Ph.D., di kantor LLDIKTI Wilayah III Jakarta, Jumat, (15/12/2023).

Prof. Syamsir didampingi oleh Dekan FTIK ITPLN Dr. Kemala Hayati, S.T., M.T., dosen FTIK Prof. Dr. Ir. Sarwono Hardjomuljadi M.T., M.H., Ir. Sajiharjo, Dipl. HE., M.Sc., Ph.D., dan Dr. Ir. Iskandar Purba, ST, MT, IPU, ASEAN Eng.

Kepala LLDIKTI Wilayah III berharap Prodi baru Magister Teknik Sipil ITPLN ini dapat menjalankan pendidikan tinggi dan melahirkannya lulusan yang terbaik untuk mendukung pembangunan di dalam negeri. Pasalnya, syarat utama pembentukan prodi baru jenjang magister ini memiliki minimal lima dosen di prodi tersebut, juga sudah memiliki akreditasi “Baik” dan secara berkala bisa segara diajukan usulan peningkatan akreditasinya.

“Kami harapkan persyaratan administrasi ini dipenuhi sehingga layanan Pendidikan kepada para mahasiswa dapat berjalan baik dan jika sudah siap nanti bisa diajukan peningkatan status akreditasi,” terang Prof. Toni.

Selain itu, Prof. Toni juga mengingatkan agar perguruan tinggi terus mengajukan pengurusan Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) bagi para dosennya yang memenuhi syarat.

Saat ditemui, Prof. Syamsir menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah dalam hal ini LLDIKTI Wilayah III Kemendikbud Ristek atas SK penerbitan Prodi Magister Teknik Sipil ITPLN. Selain itu, Dirinya juga menyampaikan terima kepada tim dari FTIK ITPLN yang telah banyak membantu dalam proses administrasinya.

Kepala LLDIKTI Wilayah III Prof. Toni memberikan SK Pembukaan Prodi Magister Teknik Sipil ITPLN kepada Wakil Rektor I ITPLN Bidang Akademik Prof. Syamsir Abduh. Dok. Istimewa
Kepala LLDIKTI Wilayah III Prof. Toni memberikan SK Pembukaan Prodi Magister Teknik Sipil ITPLN kepada Wakil Rektor I ITPLN Bidang Akademik Prof. Syamsir Abduh. Dok. Istimewa
“Saya ucapkan terima kepada tim panitia yang telah bekerja keras dalam menyiapkan administrasi dan berkas-berkas. Sehingga SK (Prodi Magister Teknik Sipil) ini bisa kita terima,” papar Prof. Syamsir.

Prof. Syamsir berharap prodi Magister Teknik Sipil ITPLN ini semoga dapat berkelanjutan dan banyak melahirkan lulusan yang berkompeten. Sehingga ITPLN selaku perguruan tinggi memiliki reputasi yang baik di dunia industri.

Untuk diketahui, Penyerahan SK Penerbitan Prodi Magister Teknik Sipil ITPLN berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 923/E/O/2023 tentang Izin Pembukaan Program Studi Teknik Sipil Program Magister pada Institut Teknologi Perusahaan Listrik Negara di Jakarta yang Diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PT PLN (Persero).

Tak hanya ITPLN yang membuka program studi magister baru, melainkan terdapat beberapa perguruan tinggi yang berada di bawah koordinasi LLDIKTI Wilayah III yang juga membuka prodi baru seperti University Bina Nusantara, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Sahid, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, dan Universitas Esa Unggul.

Universitas Binus membuka prodi Desain Program Magister, UNJ membuka prodi Pendidikan Bahasa Arap Program Magister, Universitas Sahid yang membuka prodi Manajemen Lingkungan Program Magister dan Prodi Pariwisata Program Sarjana. Kemudian, Universitas Atma Jaya prodi Psikologi Profesi Program Magister menjadi prodi Pendidikan Profesi Psikologi Program Profesi, serta Universitas Esa Unggul. **)

2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: tadalafil over the counter

  2. binance推薦代碼

    31 Mei 2024 at 5:00 am

    I don’t think the title of your article matches the content lol. Just kidding, mainly because I had some doubts after reading the article.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi Untukmu

Energi & Teknologi

Energi Listrik Tenaga Gelombang Laut merupakan energi hijau yang tidak menghasilkan gas rumah kaca

Riset & Inovasi

Google Sycamore, Quantum computing hardware. Super Prosesor yang akan mengubah Dunia Artificial Intelligence

Kerjasama

Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan (YPK) PLN selaku badan pelaksana Institut Teknologi PLN mengadakan acara Forum Konsolidasi Oktober 2022 lalu bertempat di kampus IT PLN

Forum & Bisnis

Lewat adaptasi teknologi, PLN tak hanya mengoptimalkan proses bisnis tetapi juga membuat tantangan menjadi peluang