Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Hadirkan Arcandra Tahar, Institut Teknologi PLN Selenggarakan Seminar Nasional Kelistrikan, Teknik dan Informatika

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menyelenggarakan Seminar Nasional Energi, Kelistrikan, Teknik dan Informatika (SNEKTI) tahun 2023 yang bertema Transformasi Digital di Bidang Ketenagalistrikan untuk Pengembangan Green Industry

Jakarta, (13/12/2023) – Institut Teknologi PLN (ITPLN) menyelenggarakan Seminar Nasional Energi, Kelistrikan, Teknik dan Informatika (SNEKTI) tahun 2023 yang bertema Transformasi Digital di Bidang Ketenagalistrikan untuk Pengembangan Green Industry. Ada yang istimewa dalam kegiatan yang digelar Rabu 13 Desember 2023 di kampus ITPLN Duri Kosambi Jakarta dan secara hybrid itu, di mana menghadirkan Komisaris Independen PT PLN (Persero) Ir. Arcandra Tahar, M.Sc., Ph.D. selaku keynote speaker.

Selain itu seminar yang dihadiri Rektor ITPLN Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa M.K., M.T., para Wakil Rektor, Kepala Biro Rektorat dan lebih dari 350 sivitas akademika ITPLN itu juga menampilkan pembicara Kepala Pusat Pengkajian Sistem dan Teknologi Pengawsan Instalasi Bahan Nuklir Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) Dr. Ir. Yudi Purnomo, M.Eng., yang menyampaikan topik mengenai PLTN sebagai Alternatif Sumber Ketenagalistrikan dalam Merealisasikan Pengembangan Green Industry dan Pengawasannya dan Guru Besar Teknik Informatika Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Ir. Kudang Boro Seminar., M.Sc., dengan topik Konstribusi Pertanian Dalam Inovasi Green Idustry & Environment, dengan moderator Dr. Tri Wahyu Adi, CRGP., Dosen Bisnis Energi ITPLN sekaligus praktisi bisnis energi.

SNEKTI adalah kegiatan tahunan dan tahun ini merupakan yang keempat. SNEKTI kali ini juga dimeriahkan dengan 157 paper yang merupakan kontribusi ITPLN dan dibahas di sesi diskusi secara paralel di beberapa panel.

Arcandra menyampaikan tentang fenomena citizen developer di kancah digitalisasi teknologi. ”Saya mengambil satu poin yang sangat penting dalam teknologi yaitu citizen developers. Bicara tentang pengembangan teknologi yang berkaitan dengan digital transformasi, umumnya orang akan bicara ini merupakan tugas orang IT Development. Akan tetapi, yang mengetahui persis kebutuhan di industri itu adalah para engineer yang berkutat pada masalah tersebut bukan IT Development,” kata Arcandra.

Citizen developers merupakan engineer-engineer biasa yang tidak memiliki latar belakang teknologi informasi. Tetapi, dengan kedalaman ilmu yang dimiliki oleh seorang engineer dan memiliki ide untuk mengembangkan added value, sehingga mampu mengembangkan sesuatu hal yang sangat sulit, seperti coding, desain, dan lain sebagainya.

Dalam paparannya, Arcandra menyampaikan berbagai desain teknologi yang dilakukan oleh para engineer salah satunya yakni wind turbine yang dapat diinstalasi di laut dangkal (shallow sea) maupun laut dalam (deep sea). Dijelaskan olehnya untuk instalasi turbine angin di laut dangkal dan dalam berbeda metodenya. “Kalau di shallow water itu desainnya fix (diam) dan kalau di laut dalam itu desainnya floating, pergerakan turbinenya menjadi six degree freedom sehingga mampu menghasilkan input yang lebih besar,” kata Arcandra Tahar yang juga Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) periode (2016-2019).

Terkait transisi energi yang dijalankan oleh pemerintah saat ini, Arcandra berharap target net zero emission tahun 2060 akan dapat tercapai. “Pada prinsipnya kita semua sangat mendukung transisi energi demi keselamatan bumi, dan kita terus mendorong itu,” ucapnya.

Selain itu, Arcandra juga turut mendorong ITPLN untuk mampu menghasilkan sumber daya manusia yang siap dalam menghadapi digitalisasi teknologi.

Sementara, Rektor ITPLN Prof. Iwa menyampaikan ITPLN merupakan perguruan tinggi yang berfokus dalam bidang teknologi dan energi khususnya ketenagalistrikan, sesuai dengan visinya. “Ini menjadi kekuatan kita untuk bersinergi, dan berkompetisi dengan perguruan tinggi lainnya dalam bidang pengembangan energi dan kelistrikan,” kata Prof. Iwa.

Melalui kegiatan SNEKTI ini, Prof. Iwa mengajak seluruh peserta yang hadir untuk membangun lingkungan dan energi yang lebih bersih. “Mari kita bangun enviroment academic, enviroment penelitian, dan itu adalah bagian dari tugas ITPLN melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” terangnya.

Ketua Panitia SNEKTI, Ir. Victor Assani., M.T., ASEAN Eng., menyampaikan bahwa sebagai perguruan tinggi pelopor pengembang new dan renewable energy, gelaran SNEKTI menjadi wujud komitmen dan keseriusan ITPLN dalam melakukan kajian, penelitian dan pengambangan di bidang Energi, Ketenagalistrikan, Teknik dan Informatika. Dari hampir 200 paper dari berbagai tema diantaranya mengenai renewable energy, power and system distribution, green infrastructure, software engineering, internet of thinks big data sampai green industry yang terjaring, terdapat 157 paper yang akhirnya dianggap layak untuk dipresentasikan dalam 15 forum panel.

“ITPLN dikenal sebagai perguruan tinggi pelopor pengembangan energi baru terbarukan dan fokus mendukung proses transisi energi. Kita berharap, ini semakin menjadikan icon kita, dan kedepan ITPLN akan semakin memberikan kontribusi untuk perkembangan negeri,” ujar Victor menandaskan.

Salah satu paper mengenai Analisis Pengaruh Modifikasi Bayangan Terhadap Karakteristik Daya Listrik Pada Panel Surya Dengan Menggunakan Regresi Linier, yang dibuat oleh Andi Makkulau, Samsurizal, Miftahul Fikri, Jayati Rizki Arsyad (Teknik Elektro, Ketenagalistrikan den Energi Terbarukan, Institut Teknologi PLN) berhasil menjadi paper yang terbaik dalam kegiatan SNEKTI 2023.
Paper tersebut menjelaskan mengenai energi surya merupakan sumber energi yang memiliki potensi besar untuk masa depan dan juga sangat ramah lingkungan. Energi ini dapat diubah langsung menjadi energi listrik melalui penggunaan panel surya. Namun efisiensi panel surya dapat menurun bila terkena bayangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan bayangan terhadap keluaran daya panel surya.

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: where to buy cialis soft tabs

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi Untukmu

Energi & Teknologi

Energi Listrik Tenaga Gelombang Laut merupakan energi hijau yang tidak menghasilkan gas rumah kaca

Riset & Inovasi

Google Sycamore, Quantum computing hardware. Super Prosesor yang akan mengubah Dunia Artificial Intelligence

Kerjasama

Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan (YPK) PLN selaku badan pelaksana Institut Teknologi PLN mengadakan acara Forum Konsolidasi Oktober 2022 lalu bertempat di kampus IT PLN

Forum & Bisnis

Lewat adaptasi teknologi, PLN tak hanya mengoptimalkan proses bisnis tetapi juga membuat tantangan menjadi peluang