Connect with us

Hi, what are you looking for?

Riset & Inovasi

Pavegen : Setiap Langkah menjadi Listrik

Pavegen, inovasi yang mengubah langkah setiap orang menjadi listrik

E-Techno, 07 Nopember 2023

Berjalan merupakan aktifitas yang lumrah bagi setiap manusia, kegiatan berjalan dilakukan untuk menuju dari satu titik ke titik lainnya sehingga mencapai sebuah tujuan.

Aktifitas berjalan saat ini menjadi pemandangan yang sangat lazim di perkotaan khususnya kota metropolitas seperti Jakarta, dimana pengguna kendaraan umum baik bis, krl, mrt hingg lrt akan menyusuri setiap jalanan yang ada dalam integrasi layanan transportasi.

Sejalan dengan jumlah pengguna dan aktifitas berjalan tersebut yang meningkat, sebuah ide briliant muncul dari seorang bernama Laurence Kemball-Cook, dia mengamati bagaimana cara untuk menghasilkan energi yang minim polusi dan dapat dibangkitkan dengan cara yang lebih efektif untuk daerah dengan densitas padat seperti perkotaan.

Dan akhirnya ia menemukan sebuah konsep bahwa setiap kali manusia melangkah, maka akan ada energi potensial yang terbentuk, sehingga ia mencoba untuk membuat sebuah sistem yang mampu membangkitkan listrik dari tekanan langkah kaki.

Sistem lantai tersebut bekerja secara kinetik, yang artinya akan menerima tekanan pada angka tertentu dan meneruskan tekanan tersebut menjadi energi listrik, dan hasil jerih payah inipun membuahkan hasil yang sangat menarik. pada kali pertama dilakukan uji coba, lokasi yang ditunjuk adalah stasiun kereta victoria di inggris yang merupakan stasiun tersibuk dengan jumlah pengguna yang berlalulalang sekitar 75 juta setiap tahunnya.

Saat ini, inovasi generator listrik lantai miliknya telah menjadi sebuah perusahaan bernama Pavegen yang memikat banyak negara dan perusahaan lain untuk mengembangkannya. inovasi ini mendukung produksi energi yang ramah lingkungan dan sesuai untuk masyarakat perkotaan, apakah akan ada di Indonesia?(yudho/red.)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi Untukmu

Kerjasama

Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan (YPK) PLN selaku badan pelaksana Institut Teknologi PLN mengadakan acara Forum Konsolidasi Oktober 2022 lalu bertempat di kampus IT PLN

Energi & Teknologi

Energi Listrik Tenaga Gelombang Laut merupakan energi hijau yang tidak menghasilkan gas rumah kaca

Riset & Inovasi

Google Sycamore, Quantum computing hardware. Super Prosesor yang akan mengubah Dunia Artificial Intelligence

Forum & Bisnis

Lewat adaptasi teknologi, PLN tak hanya mengoptimalkan proses bisnis tetapi juga membuat tantangan menjadi peluang