Connect with us

Hi, what are you looking for?

Energi & Teknologi

Mengenal Listrik Aliran Atas

Kereta Rel Listrik yang menjadi moda transportasi andalan masyarakat perkotaan sangat bergantung kepada pasokan Listrik Aliran Atas.

Etechno, 14 Juli 2023

Sebagian besar masyarakat yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya pasti sudah terbiasa menggunakan moda Transportasi Kereta Rel Listrik atau disebut KRL. dalam setiap harinya KRL melayani Penumpang untuk berpindah dari satu stasiun ke stasiun lainnya dengan berbagai keperluan aktifitas mulai dari menuju lokasi bekerja, menuju tempat rekreasi dan masih banyak lainnya.

KRL dinilai sebagai transportasi komuter yang sangat tepat untuk melayani rute dalam kota karena bebas polusi dan tidak bising, dalam setiap harinya KRL memiliki ratusan jadwal yang memudahkan masyarakat untuk menuju ke tempat tujuan.

meskipun KRL termasuk dalam kereta api, prinsip kerja mesin KRL sangat berbeda dengan mesin kereta berbahan bakar fosil, KRL menggunakan Listrik untuk menggerakan mesin traksi yang ada di bawah rangkaian gerbong. mesin traksi ini bergerak dengan menggunakan arus DC yang didapatkan dari kabel yang terbentang sepanjang jalur kereta api yang kemudian disebut dengan Listrik Aliran Atas (LAA).

Listrik Aliran Atas adalah peralatan menyuplai tenaga untuk membuat kereta listrik pindah. LAA, terdiri dari tiang-tiang dan kabel yang ditemukan di sepanjang rel listrik, dan saat ini LAA menjadi teknologi yang digunakan hampir semua kereta yang menggunakan mesin traksi berbasis listrik.

mekanisme LAA ini menyuplai listrik adalah dengan mengaliri kabel yang terbentang dengan aliran listrik sebesar 1500 V bertipe DC, untuk kemudian diambil oleh sistem pantograph yang kemudian dialirkan ke mesin. dengan demikian kereta dapat melaju secara stabil.(red.)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi Untukmu

Kerjasama

Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan (YPK) PLN selaku badan pelaksana Institut Teknologi PLN mengadakan acara Forum Konsolidasi Oktober 2022 lalu bertempat di kampus IT PLN

Energi & Teknologi

Energi Listrik Tenaga Gelombang Laut merupakan energi hijau yang tidak menghasilkan gas rumah kaca

Riset & Inovasi

Google Sycamore, Quantum computing hardware. Super Prosesor yang akan mengubah Dunia Artificial Intelligence

Forum & Bisnis

Lewat adaptasi teknologi, PLN tak hanya mengoptimalkan proses bisnis tetapi juga membuat tantangan menjadi peluang