Connect with us

Hi, what are you looking for?

Riset & Inovasi

Terang Tanpa Lampu

Penggunaan Lampu di siang hari untuk ruangan dalam bangunan tidak lagi efisien, cahaya matahari dapat dihadirkan ke seluruh ruangan dengan teknologi ini

Etechno, 13 Juli 2023

Cahaya merupakan hal penting bagi manusia agar dapat mendukung aktifitas kesehariannya, dalam kondisi ruang terbuka, manusia melakukan kegiatan dengan optimal dengan mengandalkan sinar matahari di Pagi hingga sore hari. dan saat hari menjelang gelap, cahaya dihasilkan menggunakan lampu untuk menggantikan matahari hingga pagi tiba.

akan tetapi, dalam kondisi indoor atau di dalam ruangan di siang Hari, sinar matahari tidak dapat secara penuh menyinari seluruh ruangan karena terhalang oleh dinding, atap dan bisa jadi rindangnya pepohonan di sekitar rumah, oleh sebab itu, Lampu akan terus digunakan untuk menerangi bagian dalam bangunan atau rumah sepanjang hari.

dengan penggunaan Lampu yang cenderung kontinyu, efek yang dihasilkan adalah besarnya konsumsi listrik yang diperlukan untuk menghidupkan lampu sepanjang hari, dan sudah jelas hal tersebut tidak mendukung pengurangan emisi karbon.

beberapa tahun belakangan ini, diperkenalkan sebuah produk hasil dari penelitian terkait pencahayaan ruangan dalam gedung atau bangunan rumah menggunakan sinar matahari yang di refleksikan dengan kaca. dan hasilnya sangat mengagumkan, orang orang yang menggunakan teknologi ini merasakan cahaya yang sama seperti lampu pada umumnya, padahal sejatinya cahaya tersebut adalah sinar matahari yang diterima oleh kristal dan diteruskan dengan cara dipantulkan ke setiap reflektor.

solatube adalah salah satu merek produk yang saat ini menjadi satu satunya teknologi yang fokus pada sistem ini, dan mereka mengklaim bahwa sebagian besar implementasi teknologi ini sudah sampai gedung perkantoran. (red.)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi Untukmu

Kerjasama

Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan (YPK) PLN selaku badan pelaksana Institut Teknologi PLN mengadakan acara Forum Konsolidasi Oktober 2022 lalu bertempat di kampus IT PLN

Energi & Teknologi

Energi Listrik Tenaga Gelombang Laut merupakan energi hijau yang tidak menghasilkan gas rumah kaca

Riset & Inovasi

Google Sycamore, Quantum computing hardware. Super Prosesor yang akan mengubah Dunia Artificial Intelligence

Forum & Bisnis

Lewat adaptasi teknologi, PLN tak hanya mengoptimalkan proses bisnis tetapi juga membuat tantangan menjadi peluang