Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ketenagalistrikan

Pertama di Asia, PLN Corporate University Raih Akreditasi Corporate Learning Improvement Process

PLN Pusat Pendidikan dan Pelatihan (PLN Corporate University/CorpU) menjadi perusahaan ketenagalistrikan pertama di Asia yang meraih akreditasi Corporate Learning Improvement Process (CLIP)

E-Techno. PT. PLN (Persero) melalui PLN Pusat Pendidikan dan Pelatihan (PLN Corporate University/CorpU) menjadi perusahaan ketenagalistrikan pertama di Asia yang meraih akreditasi Corporate Learning Improvement Process (CLIP) dari European Foundation for Management Development (EFMD). Akreditasi CLIP resmi diberikan oleh lembaga EFMD kepada PLN Corporate University pada Senin, 16 Januari 2023. Demikian Press Release PT. PLN yang diterima redaksi E-Techno beberapa waktu lalu. Dalam Press Release itu disebutkan bahwa hanya 23 perusahaan di dunia yang berhasil mendapatkan akreditasi CLIP dari European foundation for Management Development (EFMD).

General Manager PLN CorpU, Rio Adrianto mengatakan, pengakuan dari lembaga in ternasional tersebut merupakan capaianyang membanggakan bagi insan PLN yang memiliki pembelajaran korporat berstandar internasional. Rio menambahkan, proses akreditasi CLIP sendiri meliputi 9 tahapan. Dalam proses tersebut, PLN CorpU memiliki 2 faktor ekselen yang mendukung pencapaian akreditasi.

Selain itu, EFMD juga mencatat terdapat 3 strength point yang dimiliki PLN CorpU sehingga berhasil mendapatkan akreditasi CLIP. Tiga poin tersebut yakni penajaman strategi perusahaan, penyelenggaraan proses pembelajaran, asesmen dan sertifikasi, serta kualitas terhadap mitra eksternal. “Kami berhasil melakukan akselerasi terhadap transformasi perusahaan serta akselerasi terhadap pengembangan talenta,” ujarnya.

Menurut Rio, dengan diraihnya akreditasi CLIP, dapat memberikan banyak manfaat bagi PLN Corporate University dan PLN secara umum. Salah satunya adalah terbukanya kesempatan untuk bergabung dengan komunitas corporate learning organization berskala internasional. “Kesempatan ini dapat mempercepat peningkatan value added dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia secara berkelanjutan,” tambah Rio.

EFMD CLIP sendiri merupakan sistem penilaian berstandar internasional yang didesain sebagai alat bantu untuk mengidentifikasi faktor-faktor kunci
guna menentukan kualitas terhadap desain dan fungsi corporate learning organization. Akreditasi CLIP diberikan oleh lembaga yang kredibel, EFMD
merupakan organisasi dengan keanggotaan global yang berbasis di Brussel, Belgia. Jaringan EFMD mencakup lebih dari 970 lembaga dan mencapai lebih dari 30.000 profesional pengembangan manajemen dari akademisi, bisnis, layanan publik dan konsultasi di 90 negara di dunia.

“Dengan diraihnya akreditasi ini menjadi motivasi para insan PLN Corporate University untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan pengelolaan proses pembelajaran korporat di lingkungan PLN Group,” pungkas Rio. (red/ed.willis)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi Untukmu

Kerjasama

Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan (YPK) PLN selaku badan pelaksana Institut Teknologi PLN mengadakan acara Forum Konsolidasi Oktober 2022 lalu bertempat di kampus IT PLN

Energi & Teknologi

Energi Listrik Tenaga Gelombang Laut merupakan energi hijau yang tidak menghasilkan gas rumah kaca

Riset & Inovasi

Google Sycamore, Quantum computing hardware. Super Prosesor yang akan mengubah Dunia Artificial Intelligence

Forum & Bisnis

Lewat adaptasi teknologi, PLN tak hanya mengoptimalkan proses bisnis tetapi juga membuat tantangan menjadi peluang